--> Festival Pesona Galuh Nagari 2016 | Daily Wingga

Friday, August 26, 2016

Festival Pesona Galuh Nagari 2016

| Friday, August 26, 2016
Sebelumnya, Pada tanggal 3 sampai 4 Juni 2016 lalu telah di selenggarakan Festival Jagir yang di singkat dari Jayagiri Festival. Jagir Festival adalah agenda wisata yang digelar untuk mempromosikan potensi seni budaya Ciamis, khususnya di wilayah utara.

Aneka seni pertunjukan tradisi dan modern akan ditampilkan dalam festival ini, seperti helaran (seni rakyat dan budaya religi masyarakat Jayagiri), Sirnarasa Panjalu dan pertunjukan marawis, silat, Jaipongan, pertunjukan wayang, pengajian akbar, tawashul, zikir, serta manaqib qubro.

Festival Pesona Galuh Nagari

Nah, pada bulan Agustus 2016 ini Ciamis mengadakan Festival yang bernama Pesona Galuh Nagari yang menampilkan Pertunjukan Kolaborasi Wayang Ajen Pesona Indonesia dengan Ki Dalang Wawan Ajen yang juga putra daerah Ciamis, Sabtu malam (20/08/16) di Alun-alun Ciamis.

Karena Hari Jadi Ciamis bertepatan dengan masuknya bulan Suci Ramadan sehingga pergelaran wayang pun diundur ke bulan Agustus. Karena hal tersebut diselenggarakannya Festival Pesona Galuh Nagari 2016.

Festival Pesona Galuh Nagari

Events: Wayang Ajen, Bebegig, Musik Tradisional Sunda, Mojang & Jajaka Ciamis, Artis Pop Sunda, Seni Tari, Dll.

Mau ke Ciamis? 
Cara simple jika Anda tidak mempunyai kendaraan pribadi, enaknya rental mobil dari Jakarta atau nebeng teman yang tujuannya sama dengan waktu tempuh sekitar 6-8 jam perjalanan.

How?
How Simple way: Rent a car from Jakarta to Ciamis/Tasikmalaya. It will take you approximately 6-8 hours ride. Usually, tourist likes to stay in Tasikmalaya and start from there to go around Ciamis because of its near destination. Please check the schedule at www.indonesia.travel

Wayang Ajen

Wayang (Puppet) Ajen (bahasa Sunda) berarti nilai. Wayang ini adalah inovasi dari tradisi Sunda "Wayang Golek". Wayang Ajen ini dibuat oleh dua inovator yaitu: Wawan S. Gunawan dan Arthur S. Dengan adanya Wayang Ajen sendiri bertujuan untuk memicu kegembiraan terutama generasi muda terhadap Wayang Golek.

Festival Pesona Galuh Nagari
Wayang Seleb

Festival Pesona Galuh Nagari
Bebegig

Festival Pesona Galuh Nagari
Wayang Golek

Festival Pesona Galuh Nagari
The crowd watching Wayang Ajen/Kemeriahan penonton Wayang Ajen


Festival Pesona Galuh Nagari
Me standing at one of my favourite background.hhe

Sedikit saran agar dibuatkannya Guide Book untuk para pengunjung/tourist mengenai setiap tradisi di Kabupaten Ciamis dan acara Pesona Galuh Nagari ini (Wayang Ajen) Jadi, nantinya turis akan memahami cerita, makna dan setiap detail penting acara yang diselenggarakan dan juga yang penting adalah schedule acara agar para pengunjung menikmati semua acara yang berlangsung.

For more information, you may click the link here: www.indonesia.travel

All photographs are taken by Moch Wingga Nurdiansyah.

-CIAMIS SELARAS-

Related Posts

1 comment:

  1. wahh dengan adanya festival ini bisa memperkenalkan kota ciamis ke kota-kota lain, thanks informasinya.

    ReplyDelete

To my readers (especially those who comment regularly..), this blog wouldn’t be what it is today without you. Thank you so much for reading!