Pada tanggal 7 Februari 2018, di atas lahan seluas 51 hektare dengan luas bangunan 14 hektare saya merasakan bisingnya deru mesin mekanis ditambah teknologi robot yang canggih di pabrik PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) yang sudah berstandar
global, berlokasi di
Greenland International Industrial Center (GIIC) Deltamas, Bekasi. Jawa Barat. Bersama teman-teman jurnalis, blogger dan beberapa komunitas,
Alhamdulillah saya berkesempatan di ajak oleh team kompas.com untuk
explore langsung proses pembuatan mobil
Xpander, Pajero Sport dan di pabrik ini juga akan memproduksi kendaraan penumpang di segmen
low multipurpose vehicle (LMPV) serta kendaraan komersial, Colt L 300 dan T 120 SS
yang direncanakan menyusul pada bulan maret 2018 nanti.π
Pabrik tersebut baru diresmikan pada April 2017 lalu oleh Presiden Joko Widodo. Pabrik yang memiliki nilai investasi sebesar Rp 7,5 triliun ini mengusung konsep '
New Plant Concept' yang fokus pada kualitas produk dan pabrik yang ramah lingkungan. Kapasitas produksi MMKI sendiri 160.000 unit per tahun, termasuk
Xpander di angka 80.000 unit (domestik dan ekspor) dan jumlah produksi akan dinaikkan menjadi 10.000 unit perbulan untuk mendukung program ekspor
Xpander yang bakal dimulai Mei 2018 mendatang.
MMKI bisa menghasilkan 176 unit mobil perharinya dengan mengunakan tenaga manusia dan robot, Kira-kira sebesar 40% produksi di MMKI mengunakan robot dan sisanya tenaga manusia. Sebenarnya bisa saja hampir seluruh produksi menggunakan robot namun mereka sadar akan adanya jumlah tingkat pengangguran yang kian besar, MMKI sendiri telah memikirkan hal itu pastinya. Di Indonesia sendiri
Xpander telah menjadi mobil
small MVP terfavorit yang pada tahun 2018 saja sekitar 50.000 ribu pemesanan hanya untuk mobil
Xpander, karena mobil ini kata rifat sungkar di spesialkan untuk
market Indonesia. Pabrik MMKI sendiri memulai produksinya dari pukul 07:00 sampai 16:00 dan
staff diberikan 2 kali istirahat pada pukul 09:30 dan 14:30. Para karyawan/
staff selalu di ingatkan dengan kata-kata yang berapa di dalam pabrik "Apapun pekerjaan Anda kenali resikonya".π
Bagaimana sih proses produksi kendaraan
Xpander ini, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) memberikan kesempatan kepada para blogger, jurnalis dan komunitas untuk melihat secara langsung proses pembuatan
small Multi Purpose Vehicle (MPV) favoritnya orang Indonesia ini.π
|
Stamping |
|
Stamping |
Stamping: Suatu proses dimana material plat dirubah menjadi bentuk profil tertentu sesuai dengan design atau keinginan dengan menggunakan tool/alat sehingga plat yang berbentuk tersebut dapat digunakan dan difungsikan sesuai design. Lembar baja berkualitas yang masih dalam bentuk lembaran besar, potongan-potongan baja diproses dalam mesin stamping. Hal pertama dilakukan adalah pembentukan seperti bagian pintu mobil kanan dan kiri, badan mobil hingga atap mobilnya dibentuk Proses selanjutnya adalah: flange dan piercing untuk membuat lubang pada baut dan keperluan lainnya.
|
Welding |
Welding: Puluhan lengan robotik di sudut
General Welding tampak bergerak dengan cepat, mengayun keatas, bawah, berputar, dan bergerak tanpa henti menyatukan satu demi satu parts atau bagian-bagian mobil dari
Xpander. Membuat saya kagum karena langsung teringat film
Iron Man dengan
J.A.R.V.I.S yang selalu membantu Tony Stark sebagai
digital assistant-nya.
Welding adalah teknik pengelasan menggunakan panas untuk meleburkan panel dengan panel lainnya agar menjadi satu bagian. Bagian badan mobil diperiksa kualitasnya dan diangkat/angkut untuk proses selanjutnya karena MMKI selalu mengusung
News Plant Concept dengan poin-poin utama, yakni
High Quality &
Reliable Product (produk berkualitas tinggi yang dapat diandalkan) dan
Environmentally Friendly.ππ
|
Painting |
Painting: Sebelum menggunakan automatic spray machine, mobil disterilkan lebih dahulu dengan suhu bertekanan tinggi. Untuk menghilangkan kotor dan minyak sisa-sisa dari tahapan sebelumnya. Setiap mobil butuh 13 liter cat. Sayangnya kami tidak melihat atau masuk ke dalam ruang pengecatan dikarenakan pekerjaannya sedang di stop (sedang dalam waktu jam istirahat).
|
Assembly |
|
Assembly |
Assembly: dalam tahapan proses perakitan ini, mobil
Xpander di
deliver oleh robot ke operator untuk dilakukan perakitkan. Konveyor bergerak sesuai dengan kecepatan yang sudah diatur dan bagian yang dirakit berada di jalur perakitan. Pemasangan mesin harus tepat dan sesuai dengan fungsinya. Pada proses ini dilakukan oleh ahli di bidangnya. Setelah dirakit dilakukan pengecekan ulang karena proses
Assembly mengusung
"Safety, Quality Product, Cost and Time". MMKI sudah menggunakan
production system untuk membuat mobil yang efisien untuk menghindari segala pemborosan. Jika ada pemasangan yang tidak benar maka tidak dapat dilanjutkan ke proses berikutnya dan sebaliknya.
|
Quality Control |
Quality Control: tahapan akhir awal proses dilakukan pemeriksaan dan memastikan tidak ada yang rusak pada bagian dalam dan luar mobil. Lalu pemerikasaan pada mesin. Setelah itu menguji semua fungsi dari roda mobil, fokus lampu, pegecekan lampu, pengujian rem dan klakson, dan bagian lainnya. Berikutnya, proses pemeriksaan kebocoran air dengan simulasi hujan, memastikan tidak ada kebocoran di dalam mobil.
-Brand New Day-
Mobil
XPANDER ini mempunyai 6 poin unggulan
Your Next Generation yang disampaikan langsung oleh
Brand Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia yaitu Rifat Sungkar :
1. Attractive and dynamic design
- Desain Dynamic Shield yang tangguh dan modern, mempertegas Mitsubishi Xpander sebagai generasi terbaru MPV Indonesia.
- Headlamp halogen dilengkapi dengan LED Position lamp.
- Kombinasi lampu belakang dengan LED.
- Modern rear spoiler.
- Front and Rear bumper garnish membuat mobil ini stylish.
- Velg 16-inc two tone yang di desain untuk karakter jalanan di Indonesia (tipe Ultimate, Sport & Exceed).
2. Seater Comfort
- Tersedia 2 pilihan warna interior: Beige (aksen kayu) dan Black (carbon fiber) hanya tipe Sport.
3. Functional Interior & Utilities
- "OMOTENASHI" yang artinya hospitality yang baik. Mitsubishi Xpander memberikan 19 tempat dalam kabin pada setiap baris kursi ada glove box, instrument panel tray, coin box, door pocket, cup holder depan, floor console box, laci bawah kursi serbaguna, seat back pocket multifungsi, side bottle holder, rear bottle holder dan penyimpanan bagasi serbaguna. Pokoknya mantap!
4. Seating Arrangement Combination
- Kursi baris kedua dan ketiga bisa dilipat hingga rata. Jadi bisa membawa barang muatan lebih.
5. Ride Comfort & Performance
- Suspensi lebih stabil dan nyaman di kelasnya. Menggunakan suspensi Macpherson Strut dan Tarsion Beam yang dilengkapi katup peredam guncangan, sehingga berkendara jadi lebih stabil dan nyaman karena mengadopsi teknologi dari Lancer Evo X. Saya membuktikannya saat test drive dan memang benar suspensinya empuk.π
- Mesin Mitsubishi Xpander menggunakan 1.5L MIVEC DOHC 16-Valve dengan maximun power 77kw/6.000rpm dan maximum torque 141Nm/4.000rpm.
- Mitsubishi Xpander memiliki ground clearance tertinggi dikelasnya, sehingga lebih nyaman dikendarai.
6. Advance Technology & Safety Features
- Adanya sistem ABS (Anti-lock Breaking System) fitur yang membantu mengatur laju kendaraan dan menghindari rem terkunci saat melakukan pengereman atau saat melintasi jalanan yang licin.
- ESS (Emergency Stop Signal system)
- Pedestrian Protection
- Rise Body
- Dual SRS Airbags
Demikian keseruan sekaligus info tentang proses pembuatan Mitsubishi
Xpander.
Semoga bermanfaat. π